Semua Tentang Bandung

  • Pemandangan Kota Bandung dari Gunung Batu
  • Gunung Batu terletak sekitar satu kilometer di selatan Kota Lembang. Bila dicermati, gunung yang lebih tepat dikatakan bukit ini berada pada satu punggungan memanjang arah timur barat, yang bermula di lereng Gunung Palasari dan berujung di sekitar Cisarua, Cimahi. Orang-orang di Bandung Utara menyebut punggungan memanjang itu dengan nama Gunung Malang, sedangkan para ahli ilmu kebumian menamakannya Patahan Lembang. Patahan inilah yang senantiasa membuat warga Bandung waspada karena potensi gempa bumi yang dimilikinya. (info: sdg mencari tempat oleh oleh Bandung ? welcome to oleh oleh Kartikasari di http://kartikasari.com)

    Gunung Batu (1.336 m dpl.) adalah tempat paling populer di sepanjang Patahan Lembang. Di puncaknya, terpasang sebuah seismograf yang berfungsi mencatat getaran-getaran gempabumi. Jika kita menjadi peserta Wisata Bandung Purba, para pemandu akan membawa kita ke sana, lalu menjelaskan bahwa "letusan dahsyat Gunung Sunda menyebabkan kekosongan pada kantung-kantung magma di sekitar Lembang, beban berat tak bisa lagi ditahan, maka terjadilah ambrukan/pematahan lapisan batuan sepanjang 22 kilometer, dan tebing batu yang tegak memanjang itu adalah cirinya yang kasat mata."

    Tempat ini memang cocok untuk menjelaskan sejarah geologi Cekungan Bandung, karena kita bisa melepas pandang dengan bebas ke segala arah: ke pegunungan Bandung Utara, pegunungan Bandung Selatan, bagian timur Patahan Lembang dan hamparan gedung-gedung Kota Bandung. Onggokan batuan yang kabarnya terbentuk dari leleran lava berumur ± 508.000 tahun itu pun lumayan akrab dengan muda-mudi Bandung, khususnya Bandung Utara. (info: sdg mencari tempat oleh oleh Bandung ? welcome to oleh oleh Kartikasari di http://kartikasari.com)

    Biasanya tempat ini ramai pada malam minggu atau hari-hari libur sekolah. Dinding tegaknya yang juga sering disebut Tebing Cikidang, cukup menarik sebagai tempat berlatih para pemanjat tebing terjal.Ada jalan setapak yang akan membawa Anda merangkak ke puncak.

    Di sana Anda bisa memilih posisi terbaik untuk memperoleh gambar yang menarik, baik gambar Anda atau gambar alam. Angin biasanya bertiup agak kencang membawa kesejukan dan kedamaian. Jika menginginkan kesan yang lebih menggigit, nikmatilah suasana malam di Gunung Batu dengan mendirikan tenda di puncaknya. Saat malam tiba, suasana menjadi semarak dengan kerlap-kerlip lampu Kota Bandung, Lembang dan permukiman sekitarnya.Dan tentunya tak lengkap apabila Anda tidak ditemani Kartikasari, icon oleh-oleh Bandung. Nikmatilah perjalanan wisata pergunungan dan dapatkan pengalaman yang tak pernah terlupakan.


  • Ciater Obyek Wisata Pemandian Air Panas
  • Pemandian air panas Sariater atau yang lebih di kenal Pemandian air panas Ciater,terletak di lereng gunung Tangkuban Perahu dan masuk ke wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat tepatnya di jalan raya antara Subang ke Bandung. Letaknya yang strategis berada gak terlalu jauh dari jalan utama,dan di kelilingi oleh hamparan perkebunan teh yang hijau, perbukitan dan gak terlalu jauh dari gunung Tangkuban Perahu. Fasilitasnya cukup memadai dari pemandian air panas yang mahal sampai yang murah ada,juga tersedia tempat pengobatan atau terapi.Bagi yang mau bermalam di dalam atau di sekitar obyek wisata banyak tersedia penginapan dengan berbagai ukuran dan harga. (info: Oleh Oleh Bandung ada di http://kartikasari.com)

    Pemandangan daerah wisata ini sungguh indah apalagi selama dalam perjalanan kita dapat menikmati keindahan hamparan kebun teh di kanan kiri jalan yang membuat mata menjadi segar dan hilang segala kepenatan. Di Ciater selain terdapat pemandian air panas alami, juga terdapat kolam umum ada pula kamar kamar yang disewakan untuk berendam serta bungalow bagi pengunjung yang ingin menginap beberapa hari disana. Kalau sudah berendam di aliran sungai yang hangat maka aliran darah terasa lancar dan badan terasa fit.

    Airnya hangat dan diyakini ampuh untuk menyembuhkan penyakit, mulai dari penyakit tulang hingga penyakit kulit. Nikmatilah keindahan air terjun yang berselimut kepulan uap air hangat di Ciater ini. Beberapa fasilitas rekreasi juga tersedia seperti kolam renang dan mandi air panas, taman wisata, taman bermain, lahan perkemahan, dan sungai air panas alami. Anda bisa berkuda, bersepeda, berkemah, dan banyak lagi aktivitas yang bisa dilakukan . (info: Oleh Oleh Bandung ada di http://kartikasari.com)

    Di sini Anda juga dapat mengunjungi banyak tempat yang menarik. Inilah tempat rekreasi yang siap memberikan paket kesenangan bagi Anda dan keluarga. Tempatnya indah, berudara bersih, dan punya banyak fasilitas untuk berekreasi. Udara sejuk akan menyambut kita begitu menginjakkan kaki di sini. Lokasi ini diselimuti udara segar pegunungan, tempat yang cocok untuk menyehatkan badan dan menenangkan pikiran. Dikelilingi perkampungan penduduk dan perkebunan teh, suasana Ciater membawa kita kembali ke alam.

    Jika hendak pulang, jangan lupa membeli buah nanas, buah kebanggaan Kota Subang, Jawa Barat. Buah nanas di sini penuh air dan manis. Atau sempatkan diri mencicipi sajian khas, sate dan sop kelinci, yang diperdagangkan di banyak warung makan. Sari Ater bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum.Dari Bandung, Sari Ater berjarak 32 km, dan dapat ditempuh dalam waktu 45 menit. Dan tentunya akan lengkap apabila Anda tidak ditemani Kartikasari, icon oleh-oleh Bandung. Nikmatilah perjalanan wisata Anda dan dapatkan pengalaman yang tak pernah terlupakan.


  • Bandung kota tujuan Wisata, pusat seni, rehat & oleh oleh
  • Bandung yang dikenal sebagai kota kembang merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Luas daerah kota Bandung sekitar 17000 ha dengan keragaman potensi daerah yang memukau. Bandung purba merupakan sebuah danau yang dikelilingi pegunungan. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan peninggalan sejarah pemukiman purba yang banyak ditemukan di dataran tinggi utara. Lambat laun danau ini menyusut hingga terbentuklah sebuah kota indah yang hingga kini disebut dengan Bandung. (info:tempatnya oleh oleh Bandung , visit saja di oleh oleh http://kartikasari.com)

    Secara geografis posisi kota Bandung cukup dekat dengan ibukota negara, Jakarta. Jarak Bandung sekitar 180 km arah selatan dari Jakarta. Bandung terletak pada 107°36? BT dan 6°55? LS, dengan ketinggian 1050 m di atas permukaan laut (untuk bagian utara) dan 675 m di atas permukaan laut di bagian selatan. Temperatur rata-rata berkisar antara 18°C sampai 30°C dengan kelembaban rata-rata 70%, dan rata-rata curah hujan pertahun 178,6 mm. (info:tempatnya oleh oleh Bandung , visit saja di oleh oleh http://kartikasari.com)

    Braga,salah satu jalan di kota Bandung, sempat dikenal luas di dunia sebagai pusat mode dan kuliner yang khas sehingga julukan Paris Van Java pun layak disandang Bandung. Bandung juga menjadi kota sejarah yang sangat penting bagi negara – negara Asia Afrika karena 53 tahun yang lalu diadakan Konferensi Asia Afrika yang berperan penting dalam sejarah kemajuan perdamaian dunia.

    Ngomongin wisata di Indonesia, belum lengkap tampaknya kalau belum ngomongin Bandung. Bukan rahasia lagi kalau ibu kota provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan “ Kota Kembang “ ini menjadi salah satu “ target “ liburan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Ribuan wisatawan mengunjungi Bandung tiap akhir pekan. Hal ini dibuktikan dengan kondisi kota Bandung di akhir pekan yang selalu ramai, Sebagai salah satu kota tujuan wisata, Bandung menawarkan berbagai alternatif wisata yang bisa dinikmati, mulai dari wisata alam, wisata belanja, hingga wisata kuliner.

    Wisata alam yang dapat kita nikmati di daerah Bandung Utara dengan ketinggian rata- rata ± 1050 m dpl diantaranya Lembang, Tangkuban Parahu dengan cerita rakyat unik yang menyertainya, serta pemandian air panas alam di Ciater dengan hamparan hijau kebun teh yang indah dipandang mata. Kawasan Bandung Selatan juga “menyajikan” objek wisata yang tak kalah menariknya. Suasana alami Kawah Putih serta sejuknya hawa Situ Patenggang sangat tepat bagi anda untuk melepas penat dan lelah. (info:tempatnya oleh oleh Bandung , visit saja di oleh oleh http://kartikasari.com)

    Penduduk Bandung yang ramah dan memiliki kreativitas yang tinggi pun menjadi daya tarik Bandung. Bandung dikenal sebagai pelopor trend terbaru seperti dalam hal kuliner, mode maupun musik. Dalam hal musikalitas misalnya, anak muda Bandung selalu mencetak band-band dan penyanyi yang berkualitas sehingga even musik pun tiap pekannya selalu ada di Kota Bandung. Untuk anda yang hobi belanja, Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat surga belanja anda. Berbagai factory outlet dan distro tersebar di sepanjang jalan Juanda ( Dago ), jalan Riau ( R. E . Martadinata ), dan jalan Setiabudi, serta Cihampelas bagi pecinta jeans. Berbagai resto, rumah makan, dan café yang tersebar di seluruh penjuru kota Bandung menawarkan berbagai menu kuliner lokal khas Bandung hingga menu Internasional yang sayang untuk anda lewatkan.

    Dan untuk menemani Anda menikmati perjalanan wisata Anda di Bandung, tak lengkap apabila Anda tidak ditemani Kartikasari, icon oleh-oleh Bandung. Mari ke Bandung dan dapatkan pengalaman yang tak pernah terlupakan.


  • Obyek Wisata Bandung Dago Pakar
  • New York punya hutan kota yaitu Central Park, Bandung pun punya Taman Hutan Djuanda yang asri di kawasan Dago. Dengan luas 590 hektar, taman ini menjadi sumber resapan mata air dan paru2 kota Bandung yang sudah semakin sumpek. Sayangnya pembangunan perumahan elit di kawasan resepan air ini seperti tidak terawasi dengan baik. Munculnya komplek2 pemukiman baru membuat sumber mata air bagi PDAM Bandung dikhawatirkan akan semakin berkurang. Taman Hutan Juanda mudah ditempuh dengan kendaraan umum yang akan berhenti di terminal Dago. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan jasa ojek yang banyak tersedia. (info: sdg mencari tempat oleh oleh ? Oleh Oleh Bandung bisa di http://kartikasari.com)

    Kawasan Dago Pakar tempat hutan ini berada menempati posisi penting bagi orang Bandung. Sebagai daerah resapan air, semestinya pembangunan kawasan pemukiman elit di sekitar wilayah ini dikontrol dengan ketat. Kalau tidak, mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama penduduk Bandung akan kehilangan paru2 kota dan sumber air bersih bagi mereka.

    Tiket masuk delapan ribu per orang dan mobil sepuluh ribu. Bagi yang gemar hiking atau sekedar jalan santai, di sini tempat yang cocok untuk aktivitas tersebut sambil menghirup segarnya aroma hijaunya hutan ini. Selain hutan, di sini tempat dua gua yang digunakan oleh tentara Belanda dan jepan saat perang kemerdekaan. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari pintu masuk. Para pemandu menyediakan jasa penyewaan lampu senter dan sedikit pengetahuan sejarah mengenai asal usul gua ini. (info: sdg mencari tempat oleh oleh ? Oleh Oleh Bandung bisa di http://kartikasari.com)

    Bila kuat berjalan hingga sejauh lima kilometer terdapat air terjun Maribaya, jasa ojek bisa dipergunakan untuk menghemat tenaga. Secara keseluruhan Taman Hutan ini cukup nyaman untuk dilalui karena sudah tersedia paving block. Sayangnya agak kurang terawat dengan sampah yang bertebaran di mana2. Di beberapa tempat terdapat saung atau warung2 kecil bisa dimanfaatkan untuk sekedar lesehan dan menikmati jagung bakar. Minuman yang berwarna seperti air teh itu adalah “lahang” yang sudah sangat jarang ditemukan. Pembuatnya, Supardi, mungkin hanya dari sekian orang yang maih mau bersusah payah memanjat pohon nira dan memprosesnya menjadi sebuah minuman manis dan segar. Dan untuk menemani Anda menikmati objek wisata Dago Pakar, nikmatilah Kartikasari, icon oleh-oleh Bandung. Pengalaman wisata Anda pun semakin lengkap dan tak pernah terlupakan.


  • Tempat Wisata di Bandung
  • Keindahan alam Bandung dengan berbagai macam wisata petualangan menanti anda. Mulai dari Pegunungan sampai ke danau, dari taman ke hutan. Bandung merupakan kawasan yang dikelilingi oleh pegunungan. Kawasan hijau yang meliputi hutan lindung, kawah gunung berapi, perkebunan, air terjun, air panas dan bumi perkemahan. Bandung menyajikan pemandangan alam, udara segar, dan kesejukan yang luar biasa. Berikut beberapa objek wisata alam:

    Gunung Tangkuban Perahu alam yang indah dan masih belum tersentuh oleh pembangunan, banyak pengunjung yang tertarik dengan pesonanya, terletak di Sindangbarang 125 km dari Cianjur dan 220 km dari Jakarta. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com)

    Kawah Putih di kawasan Bandung Selatan, berjarak 46 km dari Bandung terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Patuha - orang tua terdahulu menyebutnya gunung sepuh – dengan ketinggian 2.434 m dpl. Gunung tersebut memiliki 2 buah kawah, yaitu : Kawah Saat d puncak bagian barat, dan Kawah Putih yang berada dibawahnya pada ketinggian 2.194 m dpl. Kedua kawah tersebut terbentuk akibat letusan yang konon masing-masing terjadi pada abad X dan abad XII. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com). Keberadaan Kawah Saat maupun Kawah Putih, semula tidak banyak diketahui orang karena puncak Gunung Patuha oleh masyarakat setempat dianggap angker, sehingga tak seorangpun yang berani menjamahnya.Misteri Kawah Putih dengan segala keindahannya baru terungkap pada tahun 1837 oleh seorang Belanda bernama Peter Junghuhn. Namun demikian, keindahan Kawah Putih tetap tersembunyi – tidak di kenal dan belum bisa dinikmati oleh masyarakat luas – sampai PT. Perhutani mengembangkannya menjadi obyek wisata alam.

    Danau Situ PatenggangObjek wisata alam yang terletak di dataran tinggi Bandung Selatan pada ketinggian kurang lebih 1.600 meter di bawah permukaan laut. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di antaranya menikmati keindahan dan kesejukan alam pegunungan, berperahu motor atau bersepeda air mengelilingi telaga (situ), memancing, mengamati flora dan fauna, lintas alam. Selain kegiatan tersebut pengunjung dapat juga berjalan-jalan sambil mengamati satwa surili di tajuk-tajuk pohon, menikmati kesejukan dan keindahan kebun the yang terletak berdampingan. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com)

    Curug Maribaya Air Terjun, tempat rekreasi dan jurang yang indah sekali membuat maribaya menjadi tempat peristirahatan yang sangat terkenal , hanya beberapa menit dari timur Lembang, pada hari minggukhususnya tempat ini ramai. Minibus dan kereta kuda bulak - balik dari lembang. Maribaya menarik bagi banyak penduduk Bandung karena pada hari minggu sumber air panas di alirkan ke kolamkecil untuk umum dan ke berbagai kamar, mandi pribadi. Beberapa orang datang kesini untuk mengajak anak - anak bermain di lapangan dan menunggang kuda (3 dollar / jam), dan banyak hanya berpiknik di taman. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com) Perjalanan bagus dan mudah melewati jurang Cikapundung ke taman Juanda, kira - kira satu setengah jam. Jalan kecil pertama ke air terjun (jalannya kurang baik, dan tidak mungkin untuk berenang) dan kemudian menuju jurang tidak jauh dari cabang jalan kecil, disebelah kiri jalan lkeluar dari lembah, menurun dan bercabang lagi tepat disitu belok kiri dan akan membawa anda ke pemandangan yang sangat mengesankan sedikit lebih tinggi dari Maribaya, jalan kecil ke arah kanan menuju Dago, berjalan lebih jauh melewati jalan kecil anda akan sampai di taman Juanda, melewati tempat pertahanan jepang pada perang dunia ke II di sepanjang jalan. Jalan yang lain kembali ke Bandung mulai dari tempat parkir curug Omas kira - kira 5 km meter dari persimpangan Lembang,sebelum mencapai maribaya. Jalan ini memberikan pemandangan yang jauh lebih baik daripada jalan kerta api yang kecil, jalan ini juga menuju taman Juanda atau kira - kira 45 menit lebih lama ke daerah Cimbuleuit. Jalan terus ke arah timur adalah persimpangan Lembang menelusuri pepohonan yang rimbun di sepanjang jalan, kira - kira 4 km dari Lembang. Perjalanan dimulai dari jurang Cikapundung ke lembah, jika anda pergi dengan menggunakan kereta kuda anda harus berjalan menuruni bukit, tempat parkir Maribaya 5,5 km dari persimpangan Lembang. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com)

    Curug Dago terletak didaerah utara Kota Bandung, daya tarik lokasi ini adalah terdapatnya sebuah air terjun setinggi 30 meter. Pencapaian menuju air terjun dilakukan dengan berjalan kaki atau kendaraan beroda dua, walaupun tidak ada jalur khusus untuk kendaraan. Air terjun ini merupakan bagian dari hulu Sungai Cikapundung yang melintasi Kota Bandung. Fasilitas yang ada diantaranya tempat berteduh dan tempat duduk serta warung makanan dan minuman temporer yang biasanya ada pada hari libur. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com)

    Kebun Teh Pangalengan Pilihan lain dari dua jam perjalanan dengan mengunakan kendaraan melewati Dayeuh kolot menuju sebuah pasar yang kecil di Pangalengan, di sebelah tenggara Bandung, kota pangalengan sendiri dibatasi tetapi mengelilingi daerah yang sangat menyenangkan. Daerah tujuan keluar dari pangalengan termasuk dua danau, sebuah peristirahatan sumber air panas, kawah gunung wayang di dekatnya, dan sebuah perkebunan the yang sangat besar. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com) Kondisi jalan yang menakutkan yang selanjutnya jalan bercabang sebelum Santosa sebuah daerah kecil pabrik pembuatan teh, dan gunung Papandayan, menuju Cisewu dan ke selatan pesisir pantai. Jalan lain menghubungkan menuju lembah Ciwidey, santosa adalah kawasan yang menyenangkan, menawarkan untuk bermalam di perkebunan the, tinggal untuk bersantai dari kehidupan kota yang sibuk, perkebunan teh dikelola oleh perusahaan perkebunan PTP XIII di sebelah selatan Kota pangalengan. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com)

    Area Perkemahan Cikole Bumi perkemahan seluas 4,88 hektar ini terletak pada ketinggian 1300 m diatas permukaan laut, dan tidak jauh dari gerbang Tangkuban Perahu daerah Lembang-Subang. Memiliki fasilitas taman bunga, lapangan, taman area parker, dll (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com)

    Kebun Bunga Cihideung Bandung mendapat julukan kota kembang karena sebuah alasan. Desa Cihedeung disebelah utara kota memperlihatkan sesuatu yang membuat Bandung selalu dihubungkan dengan Bunga. Sepanjang jalan desa Cihideung kita dapat melihat didepan setiap rumah penuh dengan bunga dan berbagai warna tanaman, menyamput setiap langkah pengunjung. (info: kebutuhan oleh oleh Anda / oleh oleh Bandung bisa di Kartikasari.com)

    Masih terdapat berbagai objek wisata lainnya di Bandung yang dapat Anda nikmati. Dan dapatkanlah Kartikasari, icon oleh-oleh Bandung, untuk menemani Anda menikmati objek-objek wisata ini, yang selalu menanti kedatangan Anda. Mari ke Bandung dan dapatkan pengalaman yang tak pernah terlupakan.